Hujan Datang Kabut Asap Mulai Berkurang


Memang benar adanya sebuah pepatah kuno yang menyebutkan “Panas menahun akan hilang oleh Hujan sehari”. Sebuah istilah kuno tetapi masih sesuai dengan kenyataannya karena kebenarannya.

Hujan mulai mengguyur Lintau Buo diharapkan Mengurangi kabut Asap (dok.Fajar Literasi)

Sebagaimana keyakinan kita sebagai umat beragama bahwa, hujan adalah sumber kemakmuran dan kesuburan. Air yang dilimpahkan kebumi karena hujan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu umat manusia sebagai penyubur tanaman.

Pupuk saja tak cukup untuk penyubur tanaman. Apalagi dikala hutan mulai gundul, pohon-pohon besar mulai langka, maka air yang menjadi sumber kehidupan dimuka bumi ini, mulai langka karena sumber-sumbernya mulai teganggu oleh kehidupan manusia.

Begitu juga musibah kebakaran hutan dan lahan (KARHUTRA) yang menjadi trending topik beberapa bulan terakhir ini, kabut asap yang awalnya dianggap sebagai hal biasa, sekarang malah menjadi hal yang menakutkan karena karbondioksida yang dihasilkannya mulai mengganggu kualitas udara dibeberapa wilayah negeri ini.

Sehingga dibeberapa propinsi di Indonesia telah mengeluarkan pernyataan darurat kabut asap, karena setiap harinya intensitas kabut asap selalu bertambah sehingga mulai menggangu aktivitas dan kegiatan dari beberapa sektor.

Yang paling dirasakan adalah telah banyak berjatuhan korban karena beberapa penyakit yang disebabkan kabut asap. Beberapa aktivitas masyarakat sebelumnya mulai terganggu oleh musibah tersebut.

Namun diharapkan dengan mulainya turun hujan dibeberapa tempat dan wilayah ditanah air ini, dapat meredakan kabut asap yang telah menyelimuti langit  ini dalam bulan terakhir, sehingga kadar udara yang mulai tidak sehat akan berubah drastis sehingga hal-hal yang tidak diharapkan akan dapat teratasi.

0 Response to "Hujan Datang Kabut Asap Mulai Berkurang"

Posting Komentar