Langkah Praktis Menjadi Blogger


Sulit dibantah bahwa, sebuah ungkapan kuno masa lampau masih mempunyai kekuatan bagi seseorang jika mereka ingin berbuat, berkarya, atau berkeinginan mengusahakan sesuatu, yaitu sebuah filasafah kehidupan yang masih diyakini mengandung makna dan kekuatan yang sangat dahsyat yaitu “ Jika ada kemauan, pasti ada jalan”.
Membuat blog baru pada suatu kesempatan (dok. Fajar Literasi)

Kalimat tersebut mengandung sebuah pesan sebagai penyemangat untuk memotivasi diri agar mau berbuat sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang dimilikinya. Paling tidak harus mempunyai syarat dasar yaitu harus ada ilmu pengetahuan untuk mencapai sesuatu hal.

Meskipun pada hakekatnya bahwa semakin dalam ilmu pengetahuan yang kita gali, maka pada sebenarnya kita merasa  semakin dangkal ilmu yang kita peroleh, begitu naifnya jika seseorang tak punya keinginan atau usaha untuk menuntut ilmu pengetahuan yang dibutuhkan.

Seperti dalam beberapa dekade terakhir, tak bisa dielakan lagi berkembangnya sebuah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan IT, dimana setiap langkah kehidupan yang dijalani manusia tak lepas dari suatu sistem yang dikenal dengan teknologi abad 21 atau IT yang semakin hari berkembang pesat.

Semua lini kehidupan tak lepas dari pengaruh komputer, Siapa yang hidup pada masa sekarang tidak kenal dengan HP, Website, Whatsapp, Facebook, Instagram, dan sejenisnya. Sehingga dengan lahirnya teknologi baru tersebut menyebabkan populernya beberapa istilah baru seperti Blogger, Youtuber, Hacker atau sejenisnya.

Semua yang dikatakan diatas adalah sebuah istilah baru yang tidak ada pada fase kehidupan sebelumnya. Jadi jika seseorang tak mampu beradaptasi dengan produk baru tersebut, maka sudah dipastikan mereka tak mungkin sanggup untuk mengikuti kemajuan zaman, atau sangat tepat mereka disebut ketinggalan zaman.

Padahal tak seorangpun yang menyangka kehidupan dunia akan beralih seperti ini. Tentu akan lahir sebuah pertanyaan baru yaitu Bagaimana seharusnya posisi kita menyikapi hal demikian, jawabannya tergantung pada diri kita sendiri. Yang jelas jika kita tetap mengelak terhadap datangnya sebuah pembaharuan tentu kita sendiri yang akan tertinggal oleh tekhnologi tersebut.

Dengan lahirnya metode, penemuan atau istilah-istilah baru dari perobahan tersebut, lahir pula beberapa lapangan pekerjaan baru atau profesi baru yang belum ada sebelumnya. Sedangkan lapangan kerja sebelumnya tentu ada yang tergusur atau terabaikan dari produk baru tersebut. Akibatnya berimbas pada keinginan atau mimpi-mimpi baru untuk menguasai ha-hal yang dianggap baru itu.

Salah satu keinginan tersebut misalnya banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana langkah untuk menjadi seorang Blogger?. Sebuah pertanyaan yang mungkin saja muncul ketika itu.

Tetapi yang jelas itulah sebuah pertanyaan yang pernah ditujukan pada seorang blooger lama yang selalu aksis di Tanah Datar seperti Blogger Matra Pendidikan dan juga Blogger Fajar Literasi. Pertanyaan yang sering dilontarkan teman-teman ketika membaca tulisan yang diuplout blogger tersebut.

Tentu jawaban yang tepat dan praktis untuk menjawab pertanyaan ini adalah, caranya mudah dan sederhana, yaitu dengan hanya bermodalkan keinginan dan kemauan untuk mencobanya. Paling tidak tentu harus mempunyai minat untuk menulis dan menguasai tehknik dasar komputer terlebih dahulu.

Sebenarnya jika ada keinginan untuk menjadi seorang blogger maka sebenarnya aplikasi untuk itu telah disiapkan oleh penyedia layanan seperti google, semua aplikasi telah diurutkan dan sesuai dengan keinginan sang blogger atau seseorang yang ingin menggeluti bidang tersebut.

Sehingga siapa saja yang berminat untuk menjadi blooger maka sebenarnya hanya mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan penyedia layanan. Langkah pertama adalah mendaftarkan akun google yang telah ada sebelumnya atau yang akan dibuat .

Kemudian ikuti langkah-langkah yang telah ditentukan penyedia google secara garis besar adalah sebagai berikut:
1. Login ke Blogger;
2. Di sebelah kiri, klik panah bawah;
3. Klik blog baru;
4. Masukan nama blog;
5. Pilih alamat blog, atau URL;
6. Pilih Templet;
7. Klik buat blog;

Itulah secara umum cara membuat blog yang telah disediakan google selaku penyeldia layanan, dan setelah itu semuanya tergantung kita untuk membuatnya, Selamat mencoba ya ,Semoga berhasil...!



0 Response to "Langkah Praktis Menjadi Blogger"

Posting Komentar