Kabut Asap Datang Lagi, Bagaimana Kita Menindak lanjutinya!

Sebenarnya masalah datangnya musibah kabut asap bukanlah merupakan masalah baru bagi negeri ini, karena antara musim kemarau dengan datangnya kabut asap merupakan dua hal yang sulit dipisahkan.

Kabut asap yang mulai menyelimuti daerah Lintau (dok foto Matra Pendidikan)

Mungkin kabut asap telah muncul dalam beberapa bulan terakhir didaerah tempat pembakaran hutan berlangsung, tetapi dampak yang dirasakan daerah lain baru terasa dalam beberapa hari ini.

Kita tentu berfikir cerdas saja dalam menghadapi permasalahan yang cukup menyita energi bangsa ini, karena tiap datangnya kabut asap, berbagai statement  bermunculan sehingga hanya menyalahkan pihak pemerintah saja, tetapi semua kita mempunyai kewajiban untuk mencegahnya, semua orang sebenarnya juga tidak mengharapkan permasalahan ini muncul dan terjadi.

Jika dilihat penyebab dari timbulnya kabut asap memang sebahagian besar disebabkan oleh kelalaian manusia itu sendiri, mungkin membakar lahan dengan sengaja atau tidak sengaja, tetapi manusia yang sadar akan kesehatan manusia lain tentu tidak akan melakukan perbuatan yang menyebabkan orang lain merasakan dampaknya.

Berbagai dampak yang mungkin saja timbul adalah, terhambatnya laju moda transportasi udara maupun darat, dan dampak yang paling dirasakan masyarakat adalah berkurangnya daya tahan tubuh karena kelebihan zat karbondioksiada oleh pembakaran.

Hal tersebut tentu menyebabkan pengaruh kesehatan umum masyarakat yang terdampak atau masyarakat yang menghirup langsung udara dari kabut asap ini, misalnya seak pernafasan, flu, batuk, atau penyakit lainnya.

Tentu masyarakat pada umumnya tentu tak bisa lari dari keadaan yang berlangsung, hal praktis yang dapat dilakukan adalah hanya mengurangi waktunya terlibat langsung bekerja diarea terbuka, dan tentu menjaga kesehatannya agar tahan terhadap penyakit yang mungkin saja timbul.

Masyarakat hanya bisa memperkebal daya daya tubuhnya dengan banyak mengkosumsi air putih, vitamin, banyak mengkomsumsi sayuran, pakailah masker penutup mulut, dan hal-hal lain yang dapat bernilai positif unutk kesehatan dirinya dan keluarganya.

Hal penting lainnya adalah masyarakat jangan menambah kabut asap lagi dengan melakukan pembakaran dalam aktivitas hariannya. Tentu semuanya harus waspada terhadap musibah kebakaran yang mungkin saja terjadi setiap waktu.

Tentu yang tak kala pentingnya tentu kita memanjatkan doa kepada Allah SWT agar menurunkan hujan untuk memadamkan titik api pada daerah yang terdampak langsung penghasil titik api, tentunya semua kita harus dapat meningkatkan ibadah kita kepada Sang Pencipta alam semesta ini, karena semua yang terjadi merupakan atas izin dan kekuasanNya.

0 Response to "Kabut Asap Datang Lagi, Bagaimana Kita Menindak lanjutinya!"

Posting Komentar