Pawai Obor yang Sangat Meriah di Nagari Taluak

Ketika obor tidak lagi dijadikan sebagai alat utama untuk penerangan, maka tentu saja sinar cahaya obor menjadi jarang dan langka untuk ditemui. Karena keberadaan cahaya obor mulai pudar oleh terang benderangnya cahaya lampu listrik.

Rombongan Peserta Pawai Obor mulai Start (dok.Foto Matra Pendidikan)

Tetapi jika ribuan cahaya obor menyinari gemerlapan cahaya langit, maka suasana yang mulanya biasa saja, tentu akan berubah menjadi suasana yang sangat menarik untuk dinikmati mata.

Begitulah gambaran suasana gembira yang terjadi pada beberapa malam yang lalu di kenagarian Taluak Lintau, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat ini.

Sebuah tema acara peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H ini, membuat antuasiusme masyarakat untuk turut serta menyemarakan kegiatan keagamaan ini. Karena lebih dari seribu obor ikut serta menghiasi langit Taluak Lintau pada malam minggu tersebut.

Acara yang mulanya hanya diperuntukan bagi 26 TPA/TPSA yang berasal dari rumah baca Alqu’an di kenagarian Taluak, tetapi ditengah perjalananya berubah menjadi acara  untuk semua masyarakat nagari Taluak secara umum.


Rombongan Pawai dari Jorong Simpang Bunduang Melintasi jalan utama Taluak (Dok.Foto Refrimadona Fajar Literasi.Com)


Seluruh elemen yang ada di kenagarian ini ikut berperan serta untuk memeriahkan perayaan tahun baru Islam ini, diantaranya Forkopca Kecamatan Lintau Buo, Perangkat nagari, Kepala Jorong, Tokoh masyarakat, Pemuka Adat, Ninik Mamak serta sebahagian besar masyarakat yang ada di kenagarian Taluak.

Dalam acara pawai kali ini, berawal dari tiga buah titik pelepasan yang berbeda, dimana peserta pawai start sesuai dengan tempat TPA/TPSAnya masing-masing berasal dan dari jorong yang berbeda pula, yaitu dari arah Setangkai, Simpang Bunduang, dan dari arah talago Bujur nagari Taluak.

Kemudian rombongan pawai berjalan melewati jalan utama yang ada dinagari ini untuk menuju sebuah arah titik kumpul yaitu halaman kantor walinagari Taluak yang terletak di Koto.

Di halaman kantor wali nagari ini para peserta pawai obor disambut oleh perangkat Nagari Taluak yang siap dengan acara puncaknya, yaitu berupa penyambutan peserta pawai yang dipimpin langsung oleh wali nagari Taluak Bapak Pendi Aswil.


Peserta Pawai Obor berkumpul di halaman Kantor Wali Nagari Taluak (dok. Fajar Literasi)

Kemudian acara puncak dilanjutkan dengan santapan dan siraman rohani yang diisi oleh Bapak Kepala Kantor Agama Kecamatan Lintau Buo, Bapak Zuldi, S.Ag. Dalam Tausiahnya Mubaligh dan sekaligus tokoh agama di Kecamatan Lintau Buo ini mengingatkan pada jemaah yang hadir, bahwa “ perlunya bersyukur dan berterima kasih atas nikmat dan rahmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat manusia”.

Padahal Allah SWT tak pernah membatasi nikmat yang akan diberikan kepada setiap hambaNya, Cuma sangat disayangkan sekali hambaNya itu sering melupakan akan nikmat besar yang telah diberikan tersebut. ( Surah Ibrahim-ayat 7).

Rangkaian acara juga disemarakkan oleh penampilan Qasidah oleh muda-mudi yang aktif dalam serangkaian musik Islami pada daerah ini. Untaian nyanyian qasidah turut menyejukan hati hadirin yang mendengarnya, karena syair dan irama Islami yang mengalun mengingatkan pesan keagamaan yang sangat regilius.

Acara yang penuh makna ini diharapkan akan terus berlanjut untuk masa yang akan datang begitulah harapan dari masyarakat nagari Taluak yang turut serta dalam perayaan yang sangat meriah tersebut.

Sebuah harapan besar untuk menciptakan nilai-nilai positif yang sakral dan penuh religius ini merupakan klise bahwasanya masyarakat daerah Taluak ini masih taat dan teguh akan keberadaan agama yang dianut dan diyakininya .Selamat untuk masyarakat Taluak Lintau atas suksesnya acara ini. Semoga Agama Allah akan bertahan selamanya, Amin…


0 Response to "Pawai Obor yang Sangat Meriah di Nagari Taluak"

Posting Komentar