Banyak Talenta Muda Yang Lahir Tetapi Kenapa Sedikit Yang Berkembang

Sebuah pertanyaan yang mestinya harus dicari jawabannya. Kenapa? Karena selama ini banyak kita  melihat dan mendengar bahwa negeri nan indah ini, negeri yang banyak menyimpan potensi, negeri yang banyak sekali menyimpan talenta-talenta muda yang muncul setelah adanya suatu lomba atau kegiatan.


Berbagai perlombaan, kegiatan, ketangkasan, dan banyak lagi kegiatan lain yang sejenis dengannya diselenggaraakan di pelosok negeri ini. Dimana sebagai bukti pengakuan dari sebuah kegiatan ataupun perlombaan yang diadakan tersebut diberikanlah hadiah, piagam, dan penghargaan lainnya. Sehingga hadirin yang menyaksikan acara tersebut akan bersorak gembira, senang, bangga dan larut untuk menyaksikannya.

Berbagai bentuk selemonial akan ditampilkan, berbagai kata sambutan akan diperdengarkan, berbagai sorak sorai ramai bergemuruh, ada yang menangis sedih dan tak sedikit pula yang tertawa gembira sebagai luapan emosi jiwa yang muncul spontan sebagai bentuk luapan kegembiraan 

Tetapi setelah berakhirnya acara, setiap orang akan kembali lagi pada kesibukannya masing-masing sehingga lupa akan sejarah yang pernah ada, dan seakan tak mau lagi mengenang kembali kegiatan yang pernah terselenggara. Akhirnya tentu hanya menjadi sebuah kenangan noltalgia belaka yang tidak berujung.

Ibaratnya mutiara yang telah berhasil diambil dari lumpur yang dalam tetapi tidak berhasil diasah, sehingga mutiara yang seharusnya mengkilap, bernilai mahal sehingga menghasilkan arti dan mamfaat akan terlihat buram kembali bahkan hilang dan tak mungkin terlihat lagi bak hilang ditelan bumi.

Sangat disayangkan memang, sampai hari ini belum ditemukaan jawaban pasti dari permasalahan ini. Hingga hari ini tak sedikit talenta muda kita yang berprestasi gemilang dari kejuaraan yang diadakan, mulai dari kejuaraan tingkat desa, nagari, nasional, bahkan sampai kejuaraan tingkat dunia pun. Tetapi setelah kejuaraan itu selesai semuanya akan hening senyap dan dak terdengar lagi suaranya.

Tulisan ini bukanlah bentuk ungkapan frustasi seseorang, bukan untuk mencari-cari kesalahan, tetapi murni lahinya dari persoalan yang selalu mengemuka yang belum ada jawabannya. Mudah-mudahan kedepan jawaban itu akan muncul kepermukaan sehingga akhirnya bermamfaat untuk kemajuan bangsa dan negara ini.

Kita ingin talenta-talenta muda yang berprestasi ini akan tumbuh menjadi talenta dewasa, bahkan menjadi talenta tua untuk kejayaan bangsa ini kedepan sehingga akan dicatat sejarah dengan tinta emas yang akan menjadi kebanggaan bagi anak cucunya kedepan.

0 Response to "Banyak Talenta Muda Yang Lahir Tetapi Kenapa Sedikit Yang Berkembang"

Posting Komentar