Cara SMKN 1 Lintau Merayakan Dies Natalisnya


Merayakan hari jadi oleh sebuah lembaga seperti sekolah atau instansi lainnya, memang perlu dilakukan, karena dengan merayakannya maka sekolah akan dapat mengevaluasi kembali perkembangannya dari tahun ketahun sejak sekolah tersebut didirikan.
Siswa SMKN I Lintau Buo melewati jalan raya Lintau dalam rangka Dies Natalis sekolahnya (dok. Fajar Literasi.Com)

Tentu berbagai hal positif dapat dilakukan dengan orientasi dan substansinya tak lepas dari upaya untuk mensosialisasikan sekolah kelingkungan masyarakat sekitar, sehingga keberadaan suatu sekolah akan dirasakan sebagai sebuah kebutuhan terutama untuk mencapai mimpi masa depan dan jembatan harapan bagi anak-anaknya.

Dengan sendirinya keduanya akan saling terkait dan saling membutuhkan, masyarakat akan merasa sekolah adalah miliknya sendiri, hal demikian tentu akan melahirkan suatu nilai kebanggaan tersendiri bagi sekolah tersebut. Sehingga kedua belah pihak akan saling meluapkan rasa kegembiraan serta kecintaannya secara bersama-sama dalam sebuah pandangan yang sifatnya positif.

Bagi siswanya sendiri momen tersebut merupakan sebuah perjalanan sejarah dalam kehidupannya, karena dengan terselenggaranya berbagai acara dan kegiatan, siswa dapat turut serta berkarya, berbuat, dan mengukir sejarah selama mereka aktif disekolah tersebut, yang nantinya tentu akan menjadi suatu bahan yang layak untuk diperbincangkan setelah mereka menamatkan pendidikannya dilembaga tersebut.

Hal demikianlah yang menyebabkan SMKN 1 Lintau Buo dalam acara dies natalisnya mewujudkan tujuan yang elok tersebut, Dalam kegiatan Ulang Tahun sekolahnya tahun ini mereka mengadakan berbagai kegiatan, tetapi dengan tema mensosialisasikan sekolah ketengah masyarakat sekitarnya terutama masyarakar Lintau Buo.

Menjelang acara puncak Sabtu besok, berbagai kegiatan telah mereka melakukan disekolah, terutama untuk meningkatkan kecintaan warga sekolah terhadap lingkungan sekitar dengan menata lingkungan sedemikian rupa sehingga sekolah menjadi cantik dan menarik. Semua warga kelas berlomba menata kelas dan lingkungannya masing-masing dengan berbagai tampilan.

Dihari Jumat kemaren sekolah mengadakan jalan sehat secara bersama, rutenya adalah sekitaran Tigo Jangko dan sekitarnya tempat lokasi sekolah itu berada, semua siswa tampak senang dan gembira jalan santai bersama sambil menjalin silaturahmi sesama warga sekolah dari berbagai jurusan yang ada di sekolah itu.

Pemandangan yang agak berbeda memang, jika dalam beberapa hari terakhir kita melihat dijalanan siswa SMK meneriakan yel-yel dalam sebuah demontrasi, mereka turn kejalan sambil membawa tuntutan yang mereka inginkan, sehingga banyak masyarakat yang pro kontra terhadap reaksi dan aksi yang mereka lakukan.

Tetapi kegiatan yang dilalukan pelajar SMK 1 Lintau Buo ini berbeda dengan yang dilakukan teman-temanya tersebut. Mereka kali ini turun kejalan dalam rangka meningkatkan kesehatan tubuhnya dengan olahraga jalan kaki, sambil mengenalkan sekolahnya kemasyarakat.

Semua siswa berjalan kaki dengan tertib dan penuh kegembiraan, berjalan tanpa beban pikiran, karena dalam perjalanan mereka dilihat masyarakat dan mendapat apresiasi sebagai sosok generasi muda yang sehat, cerdas, penuh semangat dalam rangka memperingati hari kelahiran sekolahnya.

Hendaknya generasi muda kita dapat meniru kegiatan yang dilakukan siswa SMKN 1 Lintau Buo ini, mereka berbuat demi untuk sekolahnya, masyarakat sekitarnya, dan tentu saja yang terpenting untuk masa depannya sendiri, menuju generasi milinial yang mempunyai kepribadian luhur yang bertanggung jawab.


0 Response to "Cara SMKN 1 Lintau Merayakan Dies Natalisnya"

Posting Komentar