Tingginya Minat Peserta Untuk Ikut Lomba Kegiatan Ramadhan, Padahal Kuota Dibatasi

Perlombaan merupakan ajang bagi pesertanya untuk menunjukan kebolehannya pada suatu perlombaan. Hasil yang diharapkan dari sebuah perlombaan yaitu adanya mutu dan kualitas dari pserta yang mengikutinya.

                                         Peserta Lomba MTQ dari Kelas VIII.B (dok fajarliterasi.com)

Biasanya perlombaan yang bertajuk keagamaan kurang diminati siswa SMP, karena peserta harus memerlukan sebuah pemahaman yang tinggi tentang agama. Misalnya harus menguasai baca tulis Alquran, sebagai tahfiz memilki hafalan yang bagus, dan untuk lomba pidato keagamaan harus mempunyai wawasan luas tentang agama. Tetapi berbeda sekali di SMPN 2 Lintau Buo pada lomba kemaren.

Dimana setiap kelas berebutan untuk mendaftar kepanitia, padahal peserta dibatasi karena tidak banyak waktu yang disediakan untuk kegiatan ini. Menurut panitia dan guru PAI Ibuk Rocestry M.Pd.I , Karena setiap selesai perlombaan dalm setiap harinya seluruh siswa harus melaksanakan sholat zuhur berjamaah terlebih dahulu menjelang jam pelajaran berakhir.

Waktu yang disediakan panitia hanya 3 hari saja, dikarenakan sekolah tentu mengejar akademik disebabkan waktu ujian semester dalam waktu dekat akan dilaksanakan.Tetapi panitia berjanji pada waktu mendatang waktunya penyelenggarakan akan ditambah, sehingga peserta yang berminat semuanya dapat ikut lomba.

Ternyata hasil yang berbeda yang ditunjukan peserta dari anggapan semula, dimana disamping peserta yang banyak, secara kualitas pemahaman peserta sekolah umum seperti SMP tidak berbeda dengan kualitas yang ditunjukan oleh siswa dari Mts atau sekolah setingkat lainnya. Dan pada perlombaan ini munculnya talenta-talenta baru yang siap mewakili sekolah dalam ajang yang sama natinya.

Itu sebagai pertanda bahwa pemahaman agama siswa berlatar belakang sekolah umum tak begitu signikan hasilnya dengan sekolah yang berlatar belakang agama.

0 Response to "Tingginya Minat Peserta Untuk Ikut Lomba Kegiatan Ramadhan, Padahal Kuota Dibatasi"

Posting Komentar