Gimana Cara Orang Tua Melepas Anaknya Berangkat ke Sekolah


Bila seorang pemanah akan meregang busurnya. Dia menatap lurus jauh ke depan. Matanya mengintai papan sasaran. Dia bermaksud melepaskan anak panahnya. Dia tidak akan melepaskan anak panah ke sembarang arah. 

dokumen Fajar Literasi.com

Akan tetapi, dia selalu berusaha mengarahkan agar anak panah yang dilepasnya  melesat dengan kencang dan mencapai sasarannya. Seorang pemanah yang ulung memerlukan jiwa   yang tenang, emosi yang stabil, dan kesabaran yang tinggi. Dia juga memerlukan konsistensi, dan stabilitas yang tinggi, dan fokus.        

Ketika memanah sangat diperlukan konsentrasi pikiran dan fokus pandangan mata. Tarikan napas pun akan mempengaruhi keberhasilan  untuk mencapai sasarannya. Bahkan kekuatan dan arah angin juga menjadi pertimbangan sehingga sasarannya menjadi tepat.

Orang tua adalah pemanah yang harus mempu membidik sasaran dengan tepat. Memberikan kesempatan kepada untuk menikmati pendidikan merupakan salah satu sasaran anak panahnya.  

Setiap orang tua tentu menyadari betapa pentingnya pendidikan bagi masa depan anak. Melalui pendidikan ditransfer sejumlah pengetahuan dan keterampilan serta skill kepada anak. Tidak kalah pentingnya, pendidikan merupakan media untuk membentuk karakter yang sangat penting bagi anak dalam menghadapi era kompetitif di masa datang.
           
Setiap hari orang tua melepas keberangkatan anaknya ke sekolah. Bermacam-macam caranya orang tua melepaskan keberangkatan anaknya.  Setiap hari orang tua akan memberikan uang jajan dan uang transport. Ada juga orang tua yang menyiapkan makanan kecil bahkan makan siang untuk anaknya karena hampir seharian di sekolah.  

Selain itu, ada juga orang tua mengantarkan anak sampai ke gerbang rumah, bahkan sampai kesekolah tempat anaknya menuntut ilmu, kemudian bersalaman dengan anak yang disayangi dan melepasnya dengan senyum.
         
Melepas keberangkatan anak ke sekolah merupakan peristiwa  yang penting. Melepas  anak ke sekolah  tidak hanya dengan fasilitas yang bersifat fisik semata. Tidak kalah pentingnya,  anak juga perlu dilepas dengan fasilitas yang bersifat fsikis. 

Anak-anak perlu diberi semangat dan motivasi yang memadai, arahan, dan doa agar pencapaian siswa benar-benar maksimal. Karena itu, orang tua perlu melakukan komtempelasi atau perenungan bagi persiapan anak ke sekolah.

Tataplah langit-langit kamar! Dia akan berpesan bercita-citalah setinggi mungkin. Hal ini perlu disampaikan kepada anak. Cita-cita sangat penting karena memberikan gambaran tentang arah kehidupan anak. 

Anak-anak harus memiiki harapan bagi masa depannya. Mau jadi apa anak kita, kitalah yang mengelolanya, tergantung orang tua bisa mengarahkan dan memotivasinya. Peran orang tua akan menentukan keberhasilan anaknya.

0 Response to "Gimana Cara Orang Tua Melepas Anaknya Berangkat ke Sekolah"

Posting Komentar