Apel Akbar TPA/MDA dan Pawai Ta’aruf di Kecamatan Lintau Buo Utara untuk Memperingati Tahun Baru Islam

Ribuan peserta apel akbar membanjiri dan pawai Ta’aruf memadati halaman Mesjid Raya nagari Balai Tangah pada subuh menjelang pagi hari pada minggu tadi, semuanya hadir untuk memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram  1441 H.
                                     
               Acara Pembukaan Apel Akbar Oleh Bapak Camat Lintau Buo Utara (dok Fajar Literasi)

Kegiatan besar yang mendapat perhatian khusus dari semua masyarakat Lintau Buo pada umumnya dan Lintau Buo Utara khususnya, serta generasi muda Islam yang tergabung dalam anggota DDS (Didikan Subuh), TPA (Tempat Pendidikan Alquran) ini, merupakan acara besar dan hari kemenangan untuk semua masyarakat Islam dimana pun berada.

Karena selama ini generasi muda Islam mulai melupakan sejarah besar Islam masa lalu, sehingga banyak diantara generasi sekarang yang tidak mengetahui bahkan melupakan sejarah-sejarah Islam terutama tentang awal lahirnya Tahun baru Islam yang diperingati setiap 1 Muharram pada setiap tahunnya.

Acara yang sangat khidmat, agamais dan sakral ini mengingatkan kita pada kebesaran Islam pada masa lalu, dimana masyarakat Islam berkumpul dan bersilaturrahmi untuk kegiatan keagamaan, guna membangun peradaban Islam yang sangat maju pada masa lampau.

Masyarakat yang menyaksikan Apel Akbar Tahun Baru Islam (dok. Fajar Literasi)

Dengan adanya kegiatan ini, tentu mengajarkan kita semua bahwa begitu pentingnya makna tahun Baru Islam untuk masyarakat Islam didunia ini, sehingga dengan mengingatnya kembali, berarti kita telah mampu menginspiratif generasi Islam untuk mencintai agama dan pemimpinnya.

Peserta apel yang hadir dalam acara tersebut datang mewalili 5 nagari yang berada di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar yaitu; nagari Balai Tangah, Batu Bulek, Tanjuang Bonai, Tepi Selo, dan Nagari Lubuak Jantan.

Dan masing-masing nagari tersebut terdiri dari terdiri dari jorong-jorong yang ada mengirim semua pesertanya untuk menghadiri kegiatan yang dilaksanakan pada subuh sampai tengah hari tersebut. Acara tersebut merupakan momentum besar yang digagas Kecamatan Lintau Buo Utara pada tahun ini.

Acara yang dimulai dengan sholat subuh berjamaah di Mesjid kebanggaan masyarakat Lintau Sembilan Koto ini, dilanjutkan dengan berbagai acara sedangkan acara pembukaan dengan melantunkan pembacaan ayat suci Alquran, Kata sambutan dari panitia, laporan dalam bentuk upacara, pembacaan Tahfiz berupa pertunjukan kebolehan oleh perwakilan masing-masing TPA, pencerahan agama oleh seorang Ustad, dan selanjutnya acara pembukaan oleh Camat Lintau Buo Utara Bapak Zulkifli Idris.S.Sos, yang mana baru menjabat beberapa sebagai Camat Lintau Buo Utara yang baru.

Setelah selesai semua acara di mesjid Balai Tangah, kemudian peserta dilepas oleh Bapak Camat unutk mengikuti pawai ta’aruf yang mulai star dari halaman mesjid, menempuh jalan-jalan utama Balai Tangah, Tepi Selo, Lubuak Jantan dan berakhir dilapangan Kubang Nagari Lubuak Jantan Lintau.
Pawai Taaruf oleh TPA Se Kecamatan Lintau Buo Utara (dok. Fajar Literasi)

Semua peserta pawai sangat antusius dan bergembira dalam acara kegiatan 1 Muharram tahun ini, dan semua masyarakat Lintau turut  tumpah ruah kejalan yang dilewati peserta pawai, guna menyamarakan acara ini, sehingga kedepannya kegiatan serupa dapat terulang kembali dan lebih meriah lagi, sehingga dapat menjadikan kegiatan ini sebagai kebangkitan generasi muda Islam kedepan terutama di Lintau Buo sendiri.

0 Response to "Apel Akbar TPA/MDA dan Pawai Ta’aruf di Kecamatan Lintau Buo Utara untuk Memperingati Tahun Baru Islam "

Posting Komentar