'Ngabuburit' Pakai Coretan


Beginilah suasana pada suatu senja menjelang malam sambil menunggu datangnya waktu berbuka puasa yang terlihat pada sebuah jalanan. Sekelompok anak muda tampak gembira sekali merayakan hari  kelulusannya dari tingkatan SMA, sambil melakukan coret-coretan baju. Sebuah momen indah yang sangat ditunggu-tunggu oleh kelompok remaja tersebut. Momen yang mungkin akan menjadi sejarah dalam kehidupannya.


Semangat kebersamaan dan senyum keceriaan terpancar dari wajah remaja tersebut, mereka terlihat kuat sekali tanpa menghiraukan dan mempedulikan rasa dahaga yang mungkin telah datang menghampiri mereka,  karena seharian melaksanakan ibadah puasa.  Akan tetapi mereka seakan tidak peduli dengan situasi tersebut, yang ada dibenak mereka mungkin bagaimana cara merayakan momentum ini segembira mungkin.

Begitulah dunianya kawula muda dan remaja, yang memiliki hati dan semangat sekeras baja. Sebuah fase perkembangan jiwa yang dilalui dengan penuh keindahan dan teka-teki. Memang beruntung sekali negeri ini mempunyai banyak remaja yang suatu ketika hadir sebagai modal pembangunan kedepan, namun mempunyai bonus demografi melimpah yang terkadang bisa menyebabkan permasalahan baru jika tidak dimamfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Peran orang tua sangat dibutuhkan disini, Orang tua harus mampu mengarahkan sekaligus menjadi pengarah dan suri tauladan bagi anak-anaknya. Orang tua harus bisa menanamkan rasa dan karsa, demi kelanjutan masa depan buah hatinya kedepan. Pada priode ini orang tua sering dihadapkan pada masa transisi terhadap prilaku anaknya, sebab masa sekolah yang biasanya dilalui sang anak berubah menjadi suatu masa dimana akan berfikir tentang kelanjutan pendidikannya kedepan, atau mungkin akan terjun kedunia baru yang belum ada suatu kepastian.

Wajar memang tingkah remaja pada situasi ini sering terlihat sedikit berlebihan dalam hal merayakan kelulusannya jika dibanding pada masa tamat SMP dulunya. Tahap perobahan yang tak mungkin dapat dielakan, fase menuju kedewasaan yang harus dihadang dan kemungkinan sejalan dengan tanggung jawab terhadap dirinya kedepan. Hanya doa yang mungkin dapat diberikan orang tua pada saat ini, sehingga doa tulus yang dimohonkan orang tua kepada Sang Pencipta dapat menjadi modal berharga untuk masa depan anaknya kedepan. Semoga saja ya…

0 Response to "'Ngabuburit' Pakai Coretan "

Posting Komentar